Gejala penyakit pes

Caradokter.com - Sebelum anda membaca artikel Gejala penyakit pes, mungkin anda juga harus membaca artikel sebelumnya yaitu : .

Gejala penyakit pes – penyakit pes atau yang sering disebut dengan penyakit sampar adalah jenis penyakit zoonosis yakni penyakit yang ditularkan dari hewan ke tubuh manusia. Penyakit pes atau penyakit sampar ini ditularkan dari air kencing tikus ke tubuh manusia. Penyakit pes atau sampar ini tergolong penyakit yang berbahaya karena di beberapa negara bahkan menyebabkan terjadinya wabah penyakit pes yang merenggut ribuan nyawa. Tak bisa dipungkiri bahwa tikus merupakan salah satu binatang pengerat yang hidup di lingkungan tempat tinggal manusia, keberadaannya seringkali mengganggu dan mengancam kesehatan terutama jika tikus- tikus tersebut membawa bakteri yersinia pestis yang dapat menyebabkan penyakit pes atau penyakit sampar ini menjangkit ke tubuh manusia.

Proses penularan penyatit pes atau penyakit sampar ini ke tubuh manusia sangatlah cepat, proses inkubasinya di dalam tubuh pun hanya memerlukan waktu yang sangat singkat sehingga bahaya penyakit yang dibawa oleh tikus ini patut diwaspadai. Terutama di kawasan yang sering mengalami banjir, sudah pasti di dalam genangan air akan tercampur berbagai jenis kuman dan bakteri dan salah satunya adalah bakteri yersinia pestis yang menyebabkan terjadinya penyakit pes atau penyakit sampar, berhati- hatilah dimasa- masa tersebut agar tubuh anda dan kelurga tidak terinfeksi bakteri yang berbahaya dan mematikan tersebut.

Gejala- gejala yang dirasakan dan dialami oleh penderita penyakit pes atau penyakit sampar, antara lain : demam tinggi, perut terasa mual dan muntah, sakit kepala, diare akut, tubuh mengginggil dan berkeringat dingin, di beberapa lipatan tubuh mengalami pembengkakan, dan yang lebih parah lagi bisa membuat penderitanya kehilangan kesadaran. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan tempat tinggal merupakan cara terbaik untuk mencegah terjadinya penyakit pes atau penyakit sampar ini.


Free Update From Facebook