Senin, 14 Agustus 2017

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah (secara Alami dan Medis)


Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah (secara Alami dan Medis)


Wajah merupakan salah satu bagian tubuh yang membutuhkan perawatan ekstra karena menjadi bagian yang selalu diperhatikan pertama kali. Seiring bertambahnya usia, permasalahan yang dialami oleh wajah pun semakin beragam. Mulai dari munculnya komedo, jerawat, minyak berlebih, hingga flek atau bintik-bintik hitam yang membuat wajah kamu terlihat kurang menarik dan terlihat lebih tua daripada umur sebenarnya. Tentu saja kamu bisa menggunakan makeup untuk menutupinya, tapi cara itu tidak akan menyelesaikan akar masalah dan juga tidak bisa dilakukan oleh para pria.

Flek hitam terjadi karena kulit wajah mengalami hiperpigmentasi atau penggelapan yang disebabkan oleh peningkatan produksi melanin. Banyak sekali penyebab meningkatnya produksi melanin, diantaranya:
  • Faktor keturunan
  • Paparan langsung sinar matahari secara terus-menerus
  • Bekas jerawat
  • Hormon yang tidak seimbang
  • Kekurangan mineral
  • Efek samping obat-obatan
  • Kurang vitamin
  • Stress
  • Menopause
  • Penggunaan kosmetik berbahan kimia yang mengandung zat merkuri dan asam salisilat

Dalam skala kecil, flek berbentuk bintik-bintik kecil dikenal sebagai freckles atau Epehelides dan bila berbentuk besar maka disebut Melasma. Dalam artikel ini akan kami bahas secara lengkap tentang cara mencegah dan menghilangkan flek atau bitnik hitam pada wajah.


Cara Mencegah Flek/Noda Hitam di Wajah

Sebelum flek hitam merusak keindahan kulit dan juga keperyaan diri kamu, ada baiknya melakukan upaya pencegahan. Berikut ada beberapa cara mencegah timbulnya flek hitam.

  1. Lindungi Kulit Dari Sinar Matahari

    Penggunaan tabir surya merupakan langkah tepat mencegah flek hitam. Sekarang ini banyak sekali krim tabir surya di pasaran yang bisa kamu gunakan pada wajah dan juga tubuh untuk melindungi kulit kamu dari bahaya paparan sinar UV. Selalu gunakan krim tabir surya ketika kamu akan beraktifitas di luar ruangan yang rawan terpapar sinar matahari secara langsung. Kamu juga bisa menggunakan topi lebar atau pakaian panjang untuk melindungi kulit kamu dari sengatan sinar matahari.

  2. Menjaga Kebersihan Kulit

    Kebersihan kulit juga menjadi salah satu cara menghilangkan flek hitam. Selalu bersihkan wajah setelah kamu beraktifitas dari luar rumah. Bersihkan make up secara menyeluruh sebelum kamu tidur malam. Lakukan double cleansing agar kulit wajah bebas dari debu dan kotoran secara maksimal. Selalu usahakan kulit wajah kamu dalam keadaan bersih ketika tidur.

  3. Menjaga Asupan Makanan

    Cara mencegah timbulnya flek hitam bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan karena mampu membantu kulit kamu menangkal radikal bebas yang menjadi salah satu pemicu flek hitam. Umumnya makanan yg mengandung warna mencolok alami, seperti: kunyit, bawang merah, kacang merah, kacang hijau, blueberry, strawberry, anggur, buah naga merah, chery, brokoli, tomat, wortel, dan lain-lain.

  4. Gunakan Perawatan Kulit yang Mengandung Vitamin E

    Vitamin E sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Kamu bisa memakai beberapa perawatan kulit wajah yang mengandung vitamin E maupun diperkaya dengan vitamian E. Ini adalah jenis vitamin yang sangat baik untuk kulit karena mengandung zat antioksidan yang benar-benar bisa menghalau radikal bebas penyebab flek hitam kulit.

  5. Konsumsi Vitamin C

    Vitamin C sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit dan mempertahankan daya dan elastisitas kulit. Beberapa buah yang sangat aman untuk mengatasi masalah flek hitam ini adalah seperti jeruk, lemon, stroberi, semangka, kiwi dan berbagai jenis buah lain. Konsumsi aktif sumber buah yang banyak mengandung vitamin C juga sangat baik untuk menjaga kesehatan dan mengurangi resiko penuaan dini.


Cara Menghilangkan Flek Hitam dengan Prosedur Medis

Diantara berbagai macam jenis perawatan menghilangkan flek hitam, yang paling cepat tentu saja melalui prosedur medis, tapi seringkali menghilangkan flek hitam melalui cara medis membutuhkan biaya yang tidak sedikit, kurang fleksibel, dan menyakitkan. Berikut beberapa prosedur yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan flek hitam secara medis :

  1. Peeling (Pengelupasan Kulit)

    Metode peeling atau pengelupasan kulit merupakan suatu tindakan medis untuk mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga terjadinya pengelupasan pada lapisan kulit bagian atas yang sudah mati. Sehingga secara otomatis dapat merangsang tumbuhnya sel kulit baru yang lebih fresh serta elastis.

    Biasanya, teknik chemical peeling ini dilakukan khusus untuk mengencangkan dan mencerahkan kulit tubuh dan wajah. Namun teknik ini juga bisa dipakai untuk menghilangkan flek hitam.

    Chemical peeling memiliki tiga macam proses untuk menghilangkan flek hitam. Setiap proses menggunakan jenis krim yang berbeda. Penentuan proses tersebut berdasarkan penyebab munculnya flek hitam.

  2. Pengobatan Topical Acid

    Cara menghilangkan flek hitam yang kedua adalah Topical Acid. Mengandung Alpha Hidroxy Acids dan retinoid. Berfungsi untuk menghilangkan lapisan kulit mati, merangsang proses peremajaan kulit sehingga tergantikan oleh sel kulit baru.  Perawatan ini bisa kamu dapatkan melalui resep dokter dan bisa dilakukan pada semua jenis hiperpigmentasi.

  3. Mikrodermabrasi

    Meskipun mikrodermabrasi lebih dianjurkan untuk menghilangkan jerawat, tapi kamu juga bisa menggunakan metode ini untuk mengenyahkan flek hitam yang disebabkan oleh bekas jerawat dari wajahmu.

    Di namakan mikro dermabrasi karena merupakan salah satu bentuk tindakan yang bertujuan untuk me-renormal atau menormalkan lagi wajah dari jerawat. Tentu saja termasuk untuk menghilangkan komedo dan flek hitam.

    Untuk proses perawatannya, mikro dermabrasi menggunakan suatu alat khusus. Bahan utamanya adalah bubuk organik yang bentuknya mirip dengan kristal halus.

    Melakukan mikro dermabrasi akan membantumu menyamarkan flek hitam atau bekas jerawat. Sebab pada prosesnya, mikro dermabrasi juga membantu mengangkat pengelupasan kulit mati sehingga kulit sehat dan cantik akan terlihat.

  4. Laser

    Sinar laser yang difokuskan pada titik-titik tertentu pada wajah dapat digunakan untuk menghancurkan pigmentasi yang ada di kulit tersebut. Oleh karena itu flek hitam yang bisa dihancurkan dengan menggunakan laser bukan hanya flek hitam akibat bekas jerawat, tetapi juga flek karena penuaan dan bawaan lahir.


Cara menghilangkan flek hitam dengan bahan alami

Jika kamu tidak memiliki cukup biaya untuk mengatasi flek hitam dengan prosedur medis di atas, menggunakan bahan alami bisa menjadi pilihan.  Cara ini ditempuh untuk mengurangi efek samping dan juga tentunya lebih murah karena cukup memanfaatkan bahan-bahan di sekitar kamu. apa saja bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan flek hitam di wajah?

  1. Lemon

    Buah lemon mengandung banyak sekali zat-zat yang baik bagi kesehatan tubuh. Senyawa-senyawa kimia yang terkandung di dalam buah lemon di antaranya yaitu vitamin C, polifenol, naringin, hesperidin, terpenes, diosmin, dan eriositrin. Vitamin C sudah dikenal sejak lama mampu mencerahkan kulit secara alami, tentunya jika hal ini diterapkan secara teratur pada wajah maka akan membantu menyamarkan flek hitam.

  2. Pepaya

    Kandungan pepaya yang sangat membantu untuk menghilangkan flek hitam ialah enzim papain. Kamu bisa menggunakan pepaya yang masih mentah hingga yang sudah matang, tergantung dengan yang tersedia disekitar kamu. Cara menggunakannya ialah dengan melembutkan daging buah pepaya terlebih dahulu, kamu harus menunggu hingga tekstur buah pepaya tersebut menjadi seperti bubur. Kamu bisa menambahkan perasan jeruk nipis jika kamu memilikinya, barulah kemudian bisa diaplikasikan pada wajah kamu.

  3. Lidah Buaya

    Untuk urusan rambut dan kecantikan, kamu memang tidak boleh melupakan bahan alami yang satu ini, yakni lidah buaya. Selain karena sangat mudah untuk ditemukan, khasiat yang dimiliki oleh lidah buaya juga sangatlah beragam. Untuk memanfaatkan lidah buaya tips menghilangkan flek hitam yang ampuh, caranya sangtlah mudah. Kamu bisa langsung menggosokkan daging lidah buaya pada wajah, atau kamu juga bias menghaluskannya terlebih dahulu.

  4. Kulit Semangka

    Ketika kamu memakan buah semangka, kamu tentu saja akan menemukan bagian putih yang ada di bawah bagian daging. Ternyata, bagian putih tersebut bisa kamu manfaatkan sebagai bahan alami untuk menghilangkan flek hitam yang ampuh. Selain bagian kulit tersebut, bagian daging semangka juga bisa kamu gunakan untuk masalah ini. Caranya ialah dengan menghaluskannya dan membuatnya menjadi seperti masker lalu oleskan merata pada wajah kamu.

  5. Mentimun

    Bahan alami lainnya yang juga sangat memungkinkan untuk kamu jadikan tips menghilangkan flek hitam yang ampuh ialah mentimun. Selama ini, mungkin kamu hanya mengenal mentimun sebagai pelengkap pada beberapa makanan, namun tidak begitu untuk urusan wajah kamu. Cara menggunakan mentimun ini ialah dengan memarutnya dan langsung mengaplikasikannya seperti masker. Jika kamu ingin hasil yang cepat, sangat dianjurkan untuk menggunakan masker ini dua hari sekali.

  6. Bengkoang

    Buah dengan warna putih dan memiliki rasa yang sangat khas satu ini juga sangat bisa dikamulkan untuk masalah flek hitam kamu yang selama ini cukup mengganggu. Untuk menggunakannya, kamu cukup membuatnya seperti masker seperti biasa. Ketika kamu menggunakan masker bengkoang ini, maka kamu akan merasakan sensasi dingin dan segar pada wajah.

  7. Cuka sari apel

    Cuka sari apel merupakan bahan alami yang diketahui cukup ampuh dalam menghilangkan flek hitam di wajah. Pemanfaatannya pun juga cukup mudah yaitu dengan mencampur cuka sari apel dengan air dengan perbandingan 2 air 1 cuka sari apel. Setelah itu terapkan pada wajah yang terdapat flek hitam. Diamkan hingga 30 menti setelah itu bersihkan dengan air.

  8. Putih telur

    Masker dari putih telur diyakini dapat mengobati flek hitam bekas jerawat yang biasanya cukup sulit dihilangkan.  Selain murah, pemanfaatan putih telur juga sangat mudah. Caranya: Balurkan putih telur yang sudah dikocok pada wajah kamu hingga merata termasuk yang tidak terdapat flek hitam. Tunggu hingga mengering kira-kira 20-30 menit. Setelah itu bilas sampai bersih.


Nah, setelah mengetahui beberapa cara menghilangkan flek atau bitnik hitam
pada wajah
di atas, cara mana yang akan kamu gunakan? Terlepas dari cara mana
yang akan kamu pilih, memastikan bahwa kamu melakukannya dengan telaten adalah
yang terpenting. Karena hasil yang maksimal dan aman pastinya membutuhkan waktu.
Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba, jangan lupa share pengalamanmu
di kolom komentar biar bisa jadi referensi buat orang lain.

This Is The Newest Post

Tinggalkan komentar, pertanyaan, saran, dan kritik anda pada kolom di bawah ini
EmoticonEmoticon