Rabu, 12 Juli 2017

Cara Cepat Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Cara Cepat Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami


Cara menghilangkan bekas jerawat tergantung pada jenis jerawat serta jenis bekasnya (kemerahan, flek, atau berlubang). Bekas jerawat yang ditimbulkan pada saat jerawat hilang sebenarnya adalah proses penyembuhan dan perbaikan pada jaringan kulit.

Selama proses ini berlangsung kulit akan memproduksi kolagen yakni sebuah zat yang berfungsi untuk memperbaiki jaringan kulit. Kelebihan produksi kolagen ini pada kulit dapat mengakibatkan kulit menjadi terangkat dan menimbulkan flek dan bintik-bintik hitam. Sedangkan saat terjadi kekurangan kolagen maka kulit menjadi berlubang.

Bagi kamu yang masih kesulitan untuk menghilangkan jerawat, di artikel sebelumnya sudah kami bahas tentang secara lengkap cara menghilangkan jerawat, baik menggunakan bahan alami maupun menggunakan obat medis.

Ada banyak cara yang dapat ditempuh untuk menghilangkan bekas jerawat, beberapa diantaranya adalah dengan terapi (laser, filler injection, dermabrasion, dll), menggunakan obat penghilang bekas jerawat di apotik, serta yang paling mudah tentunya bahan-bahan alami yang mudah didapatkan di sekitar kita.

Perawatan secara rutin dengan bahan alami mampu mengatasi flek hitam, bercak kemerahan, serta lubang bekas jerwat yang tentunya tidak menimbulkan efek samping. Berikut ini adalah cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan-bahan alami, gunakan sebagai masker (tentunya dengan dihaluskan terlebih dahulu) dan aplikasikan secara rutin 3-6 kali seminggu:


Menghilangkan Flek Hitam
  1. Lemon
    Lemon dapat mempercepat produksi kolagen pada kulit dan merangsang terbentuknya sel kulit baru. Lemon juga sangat efektif mencerahkan kulit wajah dan menghilangkan noda yang ditimbulkan jerawat.
  2. Kulit Jeruk
    Kadar vitamin C dan asam alpha hidroksi yang cukup tinggi dalam kulit jeruk mampu membersihkan pori – pori kulit yang tersumbat debu dan kotoran. Selain itu, senyawa ini juga dapat mengangkat sel kulit mati.
  3. Lidah Buaya
    Lidah buaya mampu menyembuhkan berbagai macam luka termasuk bekas jerawat. Lidah buaya mengandung aloesin, suatu zat yang dapat menghambat pembentukan melanin yang menyebabkan kulit menjadi gelap. Senyawa dalam lidah buaya mampu merangsang terbentuknya sel kulit baru dan memudarkan bekas jerawat.
  4. Baking Soda
    Baking soda adalah salah satu agen eksfolian kulit yang dapat mengikis sel kulit mati dan menghilangkan bekas jerawat. Baking soda juga mampu meningkatkan pH kulit dan mencegah pertumbuhan bakteri p. Acne pada wajah.
  5. Tomat
    Tomat memiliki kandungan vitamin A serta Lycopene. Lycopene bermanfaat meremajakan serta menutrisi kulit.


Menghilangkan Bercak Kemerahan
  1. Madu
    Efek antiseptik madu dapat mengurangi peradangan pada wajah dan melembabkan kulit. Madu sangat cocok digunakan pada semua jenis kulit, terutama kulit sensitif.
  2. Es Batu
    Es batu adalah bahan yang paling mudah didapat dan cukup ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat. Es batu memiliki efek menenangkan kulit dan mengurangi peradangan.
  3. Cuka Sari Apel
    Cuka sari apel mampu mengatur tingkat keasaman atau pH kulit dan mengurangi kulit kemerahan akibat jerawat.
  4. Pepaya
    Pepaya mengandung enzim papain yang berfungsi mengikis sel kulit mati. Pepaya juga mengandung antioksidan dan vitamin yang dapat mengatasi kulit kemerahan akibat jerawat sekaligus dapat memudarkan bekas jerawat.
  5. Tomat
    Kandungan vitamin A dalam tomat bermanfaat dalam penyembuhan luka serta mempercepat pertumbuhan sel-sel baru pada kulit yang juga bisa membuat bekas jerawat berkurang.


Menghilangkan Bopeng/Lubang Bekas Jerawat
  1. Lemon
    Seperti dijelaskan sebelumnya, lemon mempercepat produksi kolagen yang sangat berperan untuk menyamarkan dan menutup lubang di kulit.
  2. Lidah Buaya
    Sama seperti lemon, lidah buaya juga mampu mempercepat produksi kolagen.
  3. Putih Telur
    Asam amino dan protein yang terkandung dalam putih telur dapat mengencangkan pori-pori kulit dan mempercepat regenerasi kulit.
  4. Jagung Muda
    Kandungan vitamin E yang cukup tinggi mampu merangsang kulit untuk regenerasi sehingga mampu menyamarkan bahkan menghilangkan lubang/bopeng yang agak dalam sekalipun.
  5. Baking Soda
    Karena kemampuannya untuk mengikis sel kulit mati maka dapat digunakan untuk menyamarkan lubang yang tidak terlalu besar dan dalam.


Mencegah Timbulnya Bekas Jerawat
  1. Hindari Memencet Jerawat
    Alasan ini merupakan faktor utama mengapa bekas jerawat dapat muncul di kulit. Seringkali saat ada jerawat tumbuh di kulit, ada perasaan gemas yang membuat kamu ingin memencet jerawat tersebut dengan harapan jerawat tersebut akan menghilang dari kulit. Namun, memencet jerawat justru akan mengakibatkan timbulnya bekas jerawat yang sulit dihilangkan.
  2. Hindari Terpapar Sinar Matahari secara BerlebihanSinar UVA dan UVB dari matahari juga menjadi alasan timbulnya bekas jerawat di kulit kamu. Sinar UVA dan UVB tersebut akan membuat jerawat mengalami hiperpigmentasi dan akan membuat jerawat mengempes dan menyebabkan bekas jerawat berwarna hitam yang akan sangat sulit dihilangkan.


Karena bahan-bahan di atas adalah bahan alami, tentunya tidak akan menimbulkan efek samping selama tidak digunakan secara berlebihan. Kunci untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami adalah konsisten dan sabar. Penyembuhan peradangan, mengangkat kulit mati untuk menghilangkan flek, serta meregenarasi kulit untuk menghilangkan lubang pastinya membutuhkan waktu, dan itu tergantung pada rutinitas pemakaian bahan-bahan alami yang sudah disebutkan di atas.

This Is The Newest Post

Tinggalkan komentar, pertanyaan, saran, dan kritik anda pada kolom di bawah ini
EmoticonEmoticon