Rabu, 04 Januari 2017

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami (100% Ampuh)

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami


Jerawat atau acne vulgaris dalam istilah medis, pada dasarnya adalah benjolan yang timbul akibat penyumbatan pori atau peradangan pada kulit yang disertai dengan nanah atau darah.

Jerawat merupakan permasalahan wajah yang sangat menjengkelkan. Walaupun bukan suatu penyakit yang berbahaya, namun jerawat sangat dihindari tidak saja oleh remaja, namun juga oleh orang dewasa. Jerawat, meski dengan ukuran yang kecil pada wajah, membuat seseorang merasa minder dan tidak percaya diri.

Ada empat faktor utama yang menyebabkan jerawat, yakni: produksi minyak berlebih, sel-sel kulit mati, pori-pori tersumbat dan bakteri. Jerawat biasanya muncul pada wajah, leher, dada, punggung dan bahu. Bagaimana jerawat timbul? Jerawat muncul ketika pori-pori kulit tersumbat oleh sebum (zat minyak), sel-sel kulit mati dan bakteri, kulit akan meradang kemudian muncullah jerawat

Untuk menghilangkan jerawat sebenarnya ada banyak cara, namun menghilangkan jerawat secara alami merupakan cara paling baik, murah, sekaligus aman bagi kulit wajah kita.

Berikut adalah bahan-bahan alami untuk menghilangkan jerawat, kami urutkan dari yang paling mudah dan efektif:


  1. Air Putih

    Cara yang paling mudah dan murah adalah dengan Air Putih. Air putih sangat penting untuk kehidupan kita, air putih dapar membantu membersihkan racun dalam tubuh, selain itu air putih juga membantu metabolisme tubuh dan yang paling penting dalam hal ini adalah air putih membantu meregenerasi sel kulit.

    Untuk mengobati jerawat, perbanyak minum air putih dan sering-seringlah membasuh muka anda dengan air mengalir (tanpa sabun).

    Dengan memperbanyak minum air putih setiap hari, disamping sehat dan baik bagi tubuh, juga mampu mengurangi jerawat berlebih, sebab minyak dan kotoran dipaksa keluar oleh air melalui keringat, dan yang pasti kulit mennjadi lembab dan kenyal.

    Sering membasuh kulit dengan air bertujuan untuk menghilangkan kotoran serta melembabkan kulit. Jerawat berwal dari kulit berminyak yang menyebabkan kotoran mudah menempel dan menyumbat pori-pori, air membantu untuk membuang kotoran dan minyak, serta kulit yang lembab akan mengurangi produksi minyak alami kulit .Tidak disarankan untuk menggunakan sabun kecuali ketika mandi, karena sifat “basa” pada sabun akan membuat kulit semakin kering jika sering digunakan.
     
  2. Uap Air

    Menggunakan uap air panas sebagai tindakan untuk menghilangkan jerawat sangatlah mudah. Cukup memanaskan air kemudian uap airnya di dekatkan dengan wajah. Namun harus hati-hati jika menggunakan cara ini.
     
  3. Garam

    Garam telah lama dikenal sebagai antiseptik alami. Air garam yang berasal dari air laut yang alami mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit khususnya gatal-gatal. Jerawat pun bisa sembuh jika and rutin menggunakan air garam untuk mencuci muka. Jangan lupa bilas dengan air bersih setelah 10-20 menit, karena garam yang menempel lama pada kulit malah akan menyumbat pori-pori.
     
  4. Es Batu

    Selain digunakan untuk membuat minuman dingin, ternyata es batu juga dapat menghilangkan jerawat. Es batu bisa mengecilkan pori-pori pada kulit wajah, tak hanya itu es batu juga dapat meningkatkan sirkulasi darah pada daerah di sekitar jerawat. Bagi anda yang memiliki minyak berlebih, juga dapat memberikan es batu pada kulit.
     
  5. Pasta Gigi

    Dengan Pasta gigi yang sering anda gunakan untuk menggosok gigi ternyata dapat juga digunakan untuk mengobati jerawat, karena pada pasta gigi terdapat bahan menthol, triclosan, dan minyak esensial. Tidak hanya itu pada pasta gigi juga terkandung baking soda yang dapat mengobati jerawat dan menyembuhkan bekas luka jerawat. Namun untuk pemakian masker ini jangan berlebihan cukup 1 kali dalam sehari. Oleskan pasta gigi secara merata pada kulit, biarkan 3-5 menit, kemudian basuh dengan air bersih.
     
  6. Madu

    Bahan ini sudah sangat terkenal dengan segudang manfaatnya untuk membuat kulit lebih halus dan sehat. Kehebatan madu sendiri juga dapat membantu anda yang sedang berjuang untuk menghilangkan jerawat. Madu memiliki kandungan antibiotik dan gizi yang tinggi, sehingga dapat menjadi pencegah infeksi yang bisa membuat meradangnya jerawat. Cara memakai madu juga sangat gampang, hanya perlu dioleskan secara merata pada wajah yang berjerawat. Oleskan madu secara merata pada kulit, biarkan 3-5 menit, kemudian basuh dengan air bersih.
     
  7. Putih Telur

    Putih telur dapat mengecilkan pori – pori kulit serta mengurangi minyak berlebih yang merupakan penyebab jerawat. Enzim lysozim yang terkandung dalam putih telur dapat menghancurkan dinding sel bakteri penyebab jerawat. Selain itu, putih telur juga terbukti ampuh untuk menghilangkan komedo yang biasanya bersarang di hidung. Ambil putih telur yang sebelumnya dipisahkan dari kuningnya, gunakan sebagai baluran wajah, biarkan 5-15 menit, kemudian basuh dengan air bersih.
     
  8. Mentimun

    Kandungan dari mentimun sendiri memiliki fungsi mengatasi jerawat dan membersihkan pori-pori yang tersumbat penyebab jerawat. Gunakan sebagai masker atau menempelkan irisan mentimun pada area sekitar jerawat untuk mendapatkan hasilnya
     
  9. Lemon (Bisa Juga Diganti dengan Jeruk Nipis)

    Lemon merupakan buah yang paling populer digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat membandel. Lemon mengandung banyak sifat-sifat seperti antibakteri, zat pencerah kulit, vitamin C, asam sitrat, antioksidan yang kuat dan juga mencegah munculnya bekas jerawat. Lemon mengandung sifat anti-bakteri dan antimikroba yang membantu untuk melawan bakteri menyebabkan jerawat. Kandungan asam dalam lemon bertindak sebagai kimia exfoliant yang menghilangkan sel-sel kulit mati (yang menyumbat pori-pori yang mengakibatkan infeksi dan iritasi) pada lapisan atas dan bertindak sebagai pengelupasan alami untuk menyingkirkan jerawat.
     
  10. Alpukat

    Buah yang satu ini memang bagus untuk perawatan kulit. Kandungan lemak alami dan vitamin lainnya justru membantu dalam pembentukan sel kulit baru. Sehingga jerawat akan berangsur membaik dan mengembalikan kulit yang baru. Cara membuatnya tidak berbeda dengan bahan lain, cukup haluskan buah alpukat dengan menggunakan blender dan setelah halus gunakan sebagai masker.
     
  11. Tomat

    Buah tomat bisa kita masukkan kedalam kategori buah yang ampuh mengatasi jerawat baik jerawat baru tumbuh maupun jerawat yang sudah kronis. Penggunaan buah tomat sendiri hampir memiliki 85% tingkat keberhasilannya dari banyak penggunanya. Tetapi memang tidak semudah dan sesingkat dengan cara medis, namun cara ini mungkin bisa menjadi koleksi anda jika suatu saat timbul jerawat. Oleskan secara merata pada kulit yang berjerawat, biarkan 10-20 menit, kemudian basuh dengan air bersih.
     
  12. Lidah Buaya

    Pada lidah buaya banyak mengandung zat besi, zat aktif dan vitamin A serta D yang dapat membantu anda untuk mengatasi masalah jerawat beserta bekasnya, selain itu lidah buaya juga dapat mengatasi rambut rontok. Kupas dan tumbuk lidah buaya, oleskan secara merata pada kulit yang berjerawat, biarkan 5-15 menit, kemudian basuh dengan air bersih.
     
  13. Daun Sirih

    Dalam proses menyembuhkan jerawat, daun sirih senantiasa membersihkan kotoran yang menyumbat pada pori kulit sehinga jerawat kabur tidak tumbuh lagi. Panaskan air kemudian masukkan 3 - 4 lembar daun sirih, ketika sudah dingin baru digunakan untuk membasuh wajah, biarkan 5-15 menit, basuh dengan air bersih.
     
  14. Belimbing Wuluh

    Cara lain untuk menghilangkan jerawat kecil-kecil baik di dahi, pipi maupun wajah adalah dengan belimbing wuluh. Belimbing yang bentuknya kecil-kecil namun memiliki rasa yang sangat asam ini ampuh jika digunakan secara teratur. Jerawat akan berangsur menghilang seiring dengan kita mengoleskan belimbing wuluh. Tumbuk, belah, atau peras belimbing wuluh dan oleskan secara merata pada kulit, biarkan 5-15 menit, kemudian basuh dengan air bersih.
     
  15. Jagung Muda

    Jagung muda adalah solusi yang tepat jika masih belum ada yang mampu menghentikan jerawat. Penggunaan jagung muda segar dinilai membuat wajah menjadi segar dan cerah alami. Haluskan jagung muda yang sudah dibersihkan dan oleskan secara merata pada kulit, biarkan 5-15 menit, kemudian basuh dengan air bersih.
     
  16. Pepaya

    Pepaya mengandung enzim papain yang berfungsi mengikis sel kulit mati, dan antioksidan serta vitamin yang dapat mencerahkan kulit wajah, mengatasi kulit kemerahan akibat jerawat dan mengurangi peradangan pada kulit. Kupas dan haluskan pepaya hingga menjadi bubur dan oleskan pada jerawat, biarkan 5-15 menit, kemudian basuh dengan air bersih.
     
  17. Jahe

    Peradangan yang timbul pada jerawat sendiri bisa di atasi dengan jahe. Rasanya yang hangat akan mengusir rasa gatal dan sakit yang timbul akibat jerawat. Sudah jelas akan terasa agak perih karena itu reaksi dari jahe sendiri. Tumbuk jahe sampai halus dan oleskan secara merata pada kulit, biarkan 5-15 menit, kemudian basuh dengan air bersih.
     
  18. Kunyit

    Kunyit bentuknya hampir sama dengan jahe, hanya saja warnanya yang kuning yang membedakan antara kunyit dan jahe. Selain mampuenghilangkan jerawat kecil-kecil, kunyit juga bisa lho mencerahkan dan menghaluskan kulit wajah. Cuma saja warnanya yang kuning yang agak susah untuk dihilangkan secara langsung membuat kunyit diabaikan untuk digunakan. Tumbuk halus dan tempelkan disekitar jerawat, biarkan 5-15 menit, kemudian basuh dengan air bersih.
     
  19. Bengkoang

    Buah yang selanjutnya yang mampu mengatasi adalah terdapat pada bengkoang. Selain merawat kulit wajah dan mencerahkannya, bemgkoang mampu untuk membunuh jerawat sampai ke akarnya. Kandungan buah yang dingin dan menyejukkan akan sangat segar jika ditempelkan pada area jerawat. Haluskan buah bengkoang kemudian dijadikan masker alami, biarkan 10-30 menit, kemudian basuh dengan air bersih.
     
  20. Bawang Putih

    Jika anda betah dengan bau dari bawang putih sebaiknya mencoba cara ini. Salah satu manfaat yang paling mencolok dari bawang putih sendiri membunuh bakteri, menyembuhkan peradangan dan infeksi terutama pada jerawatan.Haluskan atau belah bawang putih dan oleskan pada jerawat, biarkan 5-15 menit, kemudian basuh dengan air bersih.
     
  21. Daun Jambu Biji Muda

    Mungkin belum ada yang tahu ya bahwa kita bisa menggunakan daun jambu muda untuk pengobatan jerawat. Karena kita hanya mengenal daun jambu muda digunakan untuk obat diare. Dari yang pernah mencoba dengan menggunakan daun jambi biji muda adalah akan terasa hilangnya rasa gatal disekitaran jerawat mungkin karena kandungan di dalamnya yang juga mampu menghambat peradangan pada jerawat. Cukup haluskan dengan cara ditumbuk dan oleskan secara merata, biarkan 5-15 menit, kemudian basuh dengan air bersih.
     
  22. Baking Soda

    Baking soda dapat menetralkan keasaman kulit sehingga bakteri penyebab jerawat tidak mampu hidup lama pada wajah anda. Tidak hanya membunuh bakteri, baking soda juga dapat mengikis sel kulit mati dan membersihkan pori – pori yang tersumbat serta menyerap minyak berlebih.

    Buatlah pasta baking soda dengan mencampur 2 sendok makan baking soda dengan 1 sendok makan air,  kemudian oleskan pada area kulit wajah yang berjerawat. Biarkan pada wajah selama kurang lebih 15 menit kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan

    Perlu diperhatikan, sebelum menggunakan pasta baking soda sebaiknya anda mengecek terlebih dahulu reaksinya pada kulit anda. Oleskan sedikit pasta pada sebagian area wajah. Jika tidak muncul reaksi kulit yang kemerahan, maka pemakaian bisa dilanjutkan.


Dari bahan-bahan alami untuk menghilangkan jerawat di atas, anda harus tetap mencocokan mana yang cocok dengan kulit anda karena tidak semua bahan alami juga cocok dengan kulit anda, jika ada salah satu bahan diatas membuat bertambah jerawat atau gatal saat digunakan anda harus cepat membilasnya dan mencoba mengganti dengan bahan alami yang lainnya. Untuk hasil lebih baik caradokter.com menganjurkan anda tetap konsultasikan dengan dokter kepercayaan anda.

Bagi kamu yang lebih suka cara instan menggunakan obat medis, kami juga sudah membahas obat jerawat di apotik beserta kisaran harganya.

Setelah menghilangkan jerawat, tentu bekasnya juga harus dibersihkan. Anda tentu tidak mau memiliki bekas gelap atau bopeng pada kulit anda, baca juga artikel kami tentang cara menghilangkan bekas jerawat.

Tinggalkan komentar, pertanyaan, saran, dan kritik anda pada kolom di bawah ini
EmoticonEmoticon